FAQ

Frequently Asked Questions
Pertanyaan yang Sering Diajukan

 

1. Apakah PERPIKA itu?
Jelas sudah tertulis dalam singkatannya: PERsatuan Pelajar Indonesia di KoreA. Kami terdiri dari pelajar jenjang apapun (dari sekolah menengah sampai S3) yang terdaftar dalam sistem data kami, dan dilindungi oleh KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Seoul, Korea Selatan.

2. Apakah di website ini kita bisa menghubungi KBRI Korsel?
Kami bukan website KBRI Korsel. Untuk menghubungi KBRI Korsel, silakan ke www.indonesiaseoul.org. Di sana anda bisa menemukan kolom-kolom untuk bertanya dan menghubungi pihak-pihak yang terkait.

3. Apakah PERPIKA mengetahui kegiatan Embassy Korea di Jakarta?
Kami adalah warganegara Indonesia di Korsel, sehingga otomatis kami terkait dengan KBRI Korsel. Kedutaan Besar Korea di Jakarta adalah tempat kami membuat visa supaya bisa berangkat ke Korea.  Untuk mengetahui aktivitas mereka selain membuat visa, silakan hubungi mereka melalui kontak ini:
Embassy of the Republic of Korea
Jalan Gatot Subroto Kav.57 , Jakarta Selatan
Tel: 021-520-1915 / Fax: 021-525-4395
E-mail: ksangsool AT cbn.net.id

4. Apakah PERPIKA menyediakan beasiswa?

Kami bukan penyedia beasiswa, karena sebagai pelajar di negeri orang, kami justru butuh beasiswa. Yang bisa kami lakukan hanyalah menyebarkan informasi tentang beasiswa jika ada yang kami peroleh. Untuk mencari beasiswa, silakan gunakan berbagai situs web yang sudah disediakan oleh pemerintah Korea, seperti:
http://www.studyinkorea.go.kr
http://www.korea4u.org
http://www.kf.or.kr
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa (milis beasiswa yg dikelola oleh pelajar Indonesia di seluruh dunia)
Dan berbagai macam website lain yang bisa anda temukan dengan mudah lewat situs pencari seperti www.google.com

5. Apakah PERPIKA bisa meringankan cara-cara pendaftaran beasiswa di Korea?

Kami bukan perwakilan/agen kampus manapun di Korea. Kami hanyalah sekumpulan pelajar dari kampus-kampus di Korea. Jika kebetulan ada yang mau mendaftar di kampus tempat kami belajar, bisa kami bantu sebagai calon senior di kampus. Namun, jika anda ingin protes terhadap cara-cara pendaftaran, maka bisa ditanyakan kepada kampus ybs. Merekalah yang membuat peraturan, bukan kami.

6. Apakah PERPIKA mengetahui mengapa di kampus X tidak ada beasiswa untuk bidang Y, atau mengapa di kampus Z tidak membuka jurusan A?
Tentu saja tidak. Kami hanyalah pelajar di kampus-kampus tersebut. Untuk hal-hal tersebut, silakan baca situs web tiap-tiap kampus yang sudah cukup lengkap dan berbahasa Inggris. Bisa kirim email ke alamat email yg tercantum di situs web kampus ybs. Merekalah pengelola kampus, bukan kami.

7. Apakah PERPIKA bisa memberitahu secara RINCI tentang informasi budaya Korea?
Tentu saja tidak, karena kami bukan Kementrian Pariwisata Korea. Informasi budaya Korea bisa dilihat di situs-situs web di bawah ini:
http://english.tour2korea.com
http://www.korea.com
http://www.korea.net
Dan berbagai macam website lain yang bisa anda temukan dengan mudah lewat situs pencari seperti www.google.com

8. Apakah PERPIKA bisa memberitahu data kerjasama Indonesia dan Korea?
Kami adalah pelajar, bukan pejabat negara, maka kami tidak tahu. Silakan hubungi KOICA (KOrea International Cooperation Agency) lewat:
http://www.koica.go.kr
Kantor KOICA berlokasi di kompleks Kedubes Korea di Indonesia, Jl. Gatot Subroto (sebelah RS Medistra), Jakarta. Telp 021-5201915, Fax 021-5254735

Segala pertanyaan di kolom komentar yang berhubungan dengan artikel-artikel kami di situs ini akan kami jawab. Namun, harap perhatikan hal-hal di bawah ini:
*
 Hendaklah bertanya di artikel yang berhubungan dengan pertanyaan anda. Dengan cara ini, kami cukup menjawab di kolom komentar yang sama, sehingga jawaban kami bisa berguna juga untuk orang lain yang membaca artikel itu.
* Jika anda bertanya tentang hal-hal yang tidak berhubungan dengan artikel tersebut, harap sediakan alamat email yang benar, bukan palsu. Tanpa alamat email yang benar, kami tidak bisa menjawab secara pribadi langsung ke anda.




%d bloggers like this: