BPI untuk Siswa Medan

12 10 2008

Oleh Hadi Teguh Yudistira

Di kota besar belum menjadi jaminan terhadap penduduk Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan dapat memperoleh penghasilan yang cukup untuk membiayai kehidupan keluarga. Hal ini terbukti di kota Jakarta , Medan dan kota besar yang lain.

Tanjung Sari merupakan salah satu daerah pinggiran kota Medan (sudah mendekati Kabupaten Deli Serdang). Di pasar 2 Tanjung Sari hidup sebuah keluarga yang kepala rumah tangganya memiliki pekerjaan menarik becak. Di keluarga ini di anugerahi anak yang bernama Beni Zulfikar yang diamanahi untuk sekolah di SMK Telkom. Diawali oleh ikutnya Beni dalam proses seleksi SMK Telkom yang mempunyai system pendidikan yang baik, dan ternyata Beni lulus dalam seleksi tersebut. Hal ini menjadi anugrah bagi keluarga Beni karena kedua orang tua Beni berharap Beni bisa mendapat keahlian dari SMK Telkom yang notabene sekolah yang siap memberikan segudang keahlian dalam dunia telekomunikasi. Tapi di posisi lain keluarga tersebut kebingunan untuk membiayai sekolah Beni yang setiap bulannya untuk membayar uang SPP sebesar sekitar Rp 400.000,-.

Demi untuk pendidikan Beni, sang Ayah berusaha untuk mencari penghasilan dengat menarik becak sampai malam hari (hal ini terbukti ketika perwakilan dari Perpika, Hadi Teguh Yudistira, datang ke rumah Beni pada malam hari yang menerima adalah ibunda Beni dan ayah Beni tidak di rumah karena masih berada di luar rumah) serta sang Ibu berusaha menambah penghasilan dengan menjadi pembantu di perumahan yang dekat dengan rumah Beni.

Ketika saudara Hadi memberikan beasiswa Perpika, ibunda Beni sangat senang sekali dan beliau berharap ada kelanjutan dari beasiswa ini. Beliau berharap tahun depan Beni bisa mendapatkan beasiswa ini.

Untuk pihak kedua yang mendapat beasiswa dari Perpika adalah salah satu warga yang berdomisili di Kampung Ladang Bambu (berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara). Di kampong Ladang Bambu terdapat sebuah Yayasan pendidikan yang ditujukan kepada orang-orang yang tidak mampu di daerah Kampung Ladang Bambu. Yayasan ini merupakan hasil wakaf dari seseorang yang dermawan. Dan yang menjadi penangung jawab dari yayasan ini adalah Bapak Basyaruddin J. Ketika ditanya mengenai murid di yayasan ini, Baspak Basyaruddin menjelaskan bahwa yayasan ini memberikan pendidikan yang memadai kepada anak-anak yang berasal dari keluarga yang tidak mampu. Dari pengakuan beliau, di daerah kampong Ladang Bambu masih banyak terdapat keluarga yang tidak mampu. Oleh karena itu, yayasan ini berdiri untuk memberikan fasilitas pendidikan kepada warga kampong Ladang Bambu. Beasiswa yang kedua dari Perpika bekerja sama dengan yayasan ini untuk menyampaikan kepada salah satu siswa nya yang berhak mendapat beasiswa ini.

Dikarenakan tidak memiliki banyak kesempatan, Hadi menitipkan beasiswa yang kedua ke salah satu anggota keluarga saudara Hadi yang dipercayai. Orang tersebut adalah kakanda Hadi yang bernama Devianti. Saudari Devianti yang selanjutnya akan menyerahkan beasiswa Perpika kepada Bapak Basyaruddin.

Nb. Maaf, penulis lupa nama yayasan di Kampong Ladang Bambu tersebut dan dokumentasi hanya ada pada beasiswa yang pertama (Beni Zulfikar)

Ibunda Beni Zulfikar (Erlinda) sedang menandatangani tanda terima beasiswa Perpika. Terlihat disebelah kanan adalah adik Beni.

Ibunda Beni menerima beasiswa Perpika yang diserahkan oleh Saudara Hadi (mahasiswa Konkuk University)

Rumah Beni Zulfikar


Actions

Information

10 responses

17 10 2008
ciuluphsuju4ever

안녕하세요…
저는yessy임니다..

beasisswa yang diberikan ke hadi ini apakah beasiswa selama dia menjalani sekolah di SMK Telkom, atau beasiswa ke korea??

apakah untuk mendapat beasiwa di korea TOEFL juga menajdi syarat??

9 08 2011
dasril ahmad

mlm
sy mau tanyakan tentang info mengenai beasiaswa ,, krn sy ingin melanjut kan study program dari d3 ke s1 na ,, tolong ya di info kan kpd sy,,
thak z………

10 09 2011
Yuliana

Dalam rangka apa beasiswa itu diberikan? dan bagaimana cara mendapatkan bea itu?
Saya juga tidak mampu untuk kuliah.dan ingin sekali mendapat beasiswa itu.

14 02 2012
zulky

saya pengen dapet beasisiwa kuliah s1 di korea g mna caranya yow…??

13 06 2012
pyjayefu

halo

13 06 2012
pyjayefu

aq hanya seorang kuli bangunan,penghasilan aq tak menentu, aku menyekolahkn anak aq dgn penuh tetesan air mata, dn seakan kesedihan mencekik leherku,,,,anaku rengking 2 dikelasnya,,dn anaku pengen kuliah di korea,, sedangkn,,,jangankn tuk kuliah tuk mkn aja aq sering g ktemu,,,,dn skrg aq g tau hrus berbuat apa,,??? mau tolong ma siapa,,??? apakah masih ada malaikat tanpa nama yg mau nolong saya,,,,atau dermawan,,,kyanya g ada,,,,jga g mkin,,,,dn untuk semua yg baca ini kasih jln untuk anak saya,,,,,sebelumnya aq ucapkn banyak terimakasih

28 01 2013
ellenelfishy

kalo mau daftar kuliah dikorea selatan.. tapi lulusan smk kejuruan di indonesia .. bisa daftargak kak ? saya masih smp sih.. tapi mau lanjutin dikorea kuliahnya.. dan melanjutkan cita” disana..^^ di reply ya kakak..^^

19 08 2013
Novi Paramita Dewi

Selamat pagi rekan-rekan Perpika, mohon maaf sekali apa yang saya tulis tidak sesuai topik. Saya cukup kebingungan untuk mencari kontak rekan-rekan Perpika di Korea, sehingga saya putuskan menulis di sini.

Perkenalkan, nama saya Novi Paramita Dewi. InsyaAllah sekitar tanggal 25 Agustus 2013 ini saya akan berangkat ke Korea untuk studi S2 saya di KDI School of Public Policy and Management, Seoul. Sehubungan dengan hal tersebut, saya ingin bertanya terkait persiapan sebelum keberangkatan kepada rekan-rekan Perpika, jika memang ada yang berkenan menjawab mohon hubungi saya di kontak email saya. Terimakasih banyak atas bantuannya.

4 03 2014
isram

Ass..
saya mau bertanya bagaimana caranya dapat beasiswa ke korea selatan dari D3 mau lnjut S1…mohon informasinya…

8 04 2016
anissacortez90358

You mentioned Evernote.nHow did you export your notes (to plain text)? Click https://twitter.com/moooker1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: