Asuransi Kesehatan di Korea

20 07 2007

Ada dua jenis asuransi kesehatan di Korea selatan: pemerintah dan swasta. Asuransi swasta seperti Samsung Fire, AIG atau Chubb untuk international student, biasanya tidak meng-cover pregnancy-related treatments. Oleh karena itu, bagi pelajar yang membawa keluarga, lebih baik menggunakan asuransi pemerintah dibanding asuransi swasta.

Asuransi kesehatan milik pemerintah Korea selatan diurus oleh badan bernama NHIC. Badan ini yang mengurusi asuransi kesehatan warga negara Korea selatan. Semua yang mempunyai kartu tanda pengikut asuransi ini, cukup menunjukkan kartu pada saat berobat di manapun dan akan mendapat diskon 70% dari biaya pengobatan jenis apapun sebesar apapun.

Warga negara asing termasuk pelajar wajib membayar premi bulanan untuk mengikuti asuransi ini. Keringanan bagi pelajar (pemegang visa D-2) adalah mendapat diskon 30% untuk premi bulanan ini dibanding pemegang visa lainnya. Besarnya (setelah diskon) sekitar 30-35ribuan won per bulan. Hal yang perlu diperhatikan adalah premi ini dibayar mulai bulan pertama tinggal di Korea, sesuai tanggal yang tercatat di Alien Registration Card. Jika ada warga negara asing yang baru mengikuti asuransi ini setelah tinggal 1 tahun di Korea (misalnya), maka biaya premi selama 1 tahun pertama tinggal di Korea juga harus dibayarkar (dirapel) pada saat pendaftaran.

Bagi pelajar yang membawa istri/suami, pada saat mereka mendaftar asuransi ini, perlu surat nikah. Mengapa? Karena dependant visa kodenya bukan D-2, melainkan F-3. Jika pasangan mendaftar sendiri, maka akan dikenakan biaya tanpa diskon pelajar. Dengan surat nikah, maka akan jelas statusnya sebagai pasangan dari seorang pelajar, sehingga dikenakan tarif pelajar juga. Selanjutnya, istri/suami bisa dimasukkan ke premi keluarga. Dengan premi keluarga, yang membayar cukup pemegang visa D-2, tanpa premi tambahan untuk pasangan. Kalau ada anak, juga tidak perlu membayar premi tambahan.

Untuk cara memperoleh asuransi kesehatan swasta, bisa hubungi kampus masing-masing. Untuk memperoleh asuransi kesehatan pemerintah, bisa hubungi kantor cabang NHIC terdekat (ada juga kampus yang bisa membantu menguruskan pendaftarannya).

sumber:


Actions

Information

4 responses

3 07 2008
nugie

Saya akan kutip artikel ini di blog saya. Maaf kalau lancang. Saya pikir, saya akan lebih mudah mencari info ini kalau sudah ada di blog saya.

Mohon izin mengutip🙂

3 07 2008
nugie

O iya lupa…
saya masukkan di blog saya, karena saya akan jadi mahasiswa PhD di Korea….

3 07 2008
anugrahkusuma.com » Asuransi Kesehatan di Korea

[…] Saya ambil dari artikel di blog Perpika […]

19 08 2008
ravi

wah artikelnya bagus sekali lho mas,
saya baru tahu yg seperti ini, makasih yah atas
informasinyanya.. good luck!

ravai
http://www.allcheapinsurance.blogspot.com/

Leave a Reply

