Cara Membuat SIM di Korea

30 05 2007

dari Riza D. Satria @ 3/20/2007 09:47:00 AM

Untuk Post ini saya akan berbagi pengalaman saya membuat SIM di Rep. of Korea. Apa yang saya akan jabarkan hanya khusus untuk warga Indonesia yang bermukim di Korea (bukan tourist). Untuk warga Indonesia (negara lain boleh di cek disini) yang ingin memiliki Korean driving license, sangat dimudahkan dengan tanpa harus menjalani test ulang selama orang tersebut sudah memiliki SIM Indonesia, kecuali aptitude test. untuk tahap-tahapannya akan saya jabarkan dibawah ini:

Persyaratan yang dibutuhkan:
1. Passport
2. Alien registration card
3. SIM Indonesia
4. Surat keterangan pengganti SIM RI
5. Pasfoto 3X4 (3 buah)
6. Uang 10.000 won (biaya pembuatan SIM)

Untuk surat keterangan pengganti SIM RI bisa didapatkan di Kedutaan Besar RI di Seoul dengan bermodalkan Passport, SIM RI, dan pastinya uang sebesar 15 USD. Proses pembuatan surat ini satu hari, sehingga apabila anda tinggal jauh dari Seoul dan tidak bisa menginap untuk menunggu, bisa minta tolong untuk dikirim ke rumah anda. Biaya pengiriman kurang lebih 7000 Won dengan jas pengiriman 1 hari sampai menggunakan DHL (Recorded mail). Biaya pengiriman dibayar pada saat anda menerima surat, jadi pastikan anda/orang lain berada di alamat terkirim untuk menerima surat tersebut.

Setelah semua persyaratan lengkap, anda bisa langsung pergi ke “Driver’s License Examination Offices” (untuk lokasi terdekat bisa dilihat disini)..

Tahapannya mudah,
1. Mengisi Formulir (setelah terisi lengkap serahkan juga uang 5000 won untuk apitude test)
biasanya ada yang membantu anda mengisi formulir bila anda merasa kesulitan.
2. Aptitude Test (Cek pengelihatan)
3. Serahkan formulir yang sudah di approve oleh petugas kesehatan beserta semua persyaratan berikut juga dengan urang 5000 won
4. 10 menit kemudian Korean Driving Licence anda telah jadi

Setiap orang mendapatkan jangka waktu validnya Korean Driving Licence tidak sama, yaitu antara 7-10 tahun. Untuk saya, saya mendapatkan 9 tahun..!!!
Sebagai gantinya Korean Driving License yang telah anda dapatkan, SIM Indonesia anda akan disimpan di kantor Driver’s License Examination Offices. Apabila anda ingin kembali ke Indonesia, anda bisa mengambil kembali SIM Indonesia anda dengan menunjukkan Passport, Ticket pesawat terbang serta mengembalikan Korean Driving License anda.
Satu tambahan lagi, sebaiknya anda menyimpan photocopy dary SIM Indonesia anda, agar lebih mudah apabila ingin membuat SIM baru di Indonesia, tetapi tidak sempat mengambil SIM anda yang tertinggal di kantor Driver’s License Examination Offices.

Ok.. Selamat mencoba..!!!


Actions

Information

7 responses

30 01 2008
ichayoung

makasih ya atas info membuat SIM di korea pasalnya aku mau buat nich, dan sangatbermanfaat bgt buat aku ………………sekali lagi thx ya pak riza

13 06 2008
boy

kapan2… jalan2 naek mobil mas riza, kayanya enak :d

7 07 2009
Azthy

Akt mw tax kalau kt udh ambil kembali SIM Indonesia dan ingin kembali ke korea bgmana caranya untuk buat sim atw tggl ambl aja sim yg ada di korea

18 01 2012
RISKY

AKU DAH TEST 2X TPI MASIH GAGAL

11 03 2013
Zen G-brot

kalo sim indonesianya udah mati bisa gak ya???

27 10 2013
neno neno

Apakah sekarang masih bisa?
Saya denger dari temen peraturannya udah berubah apa bener?

29 06 2015
Kyuni

untuk membuat sim korea ada batasan umurnya ga??
minimal berapa tahun??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: