Beasiswa, Keluarga, dan Tempat Tinggal

28 03 2007

Bacalah terlebih dahulu artikel tentang Tempat Tinggal. Berikut ini adalah hal-hal yang pernah ditanyakan kepada kami.

Jika beasiswa saya 600ribu won per bulan, mampukah saya membawa istri dan anak untuk tinggal di luar kampus?
Biaya hidup per orang sekitar 300ribu won per bulan kalau tinggal di asrama, maka beasiswa segitu hanya cukup untuk tinggal sendiri. Jika istri anda juga mendapat beasiswa atau bekerja part-time di luar rumah, maka anda bisa menyewa rumah di luar dan membiayai hidup istri dan anak anda.

Beasiswa saya 1,5 juta won per bulan, mampukah saya membawa istri dan dua anak?
Jika anak-anak anda belum sekolah, maka beasiswa anda masih cukup untuk membiayai hidup istri dan anak-anak.

Jika saya dan istri sama-sama harus kuliah, bagaimana dengan pengasuhan anak-anak?
Biaya penitipan anak balita sekitar 150ribu s.d. 350ribu won per bulan per anak, termasuk juga biaya taman kanak-kanak. Besarnya biaya ditentukan dari umur si anak. Kalau sekolah negeri (SD ke atas) bisa dikatakan gratis.

Apakah di Korea Selatan ada sekolah Indonesia seperti di Korea Utara?
Di sini tidak ada sekolah Indonesia, jadi anak seusia SD bisa didaftarkan ke sekolah negeri, walaupun si anak jadi terpaksa belajar bahasa Korea dengan cepat. Ada beberapa SD yg punya guru-guru yang bisa menjelaskan dalam bahasa Inggris sehingga si anak lebih bisa menangkap (tentunya lebih baik si anak sudah bisa bahasa Inggris terlebih dahulu). Tapi, bahasa Inggris biasanya untuk kelas 4-6 SD. Di bawah itu (kelas 1-3) masih terpaksa menggunakan bahasa Korea (menurut pengalaman anak-anak para pelajar asing di sini). Walaupun demikian, biasanya anak kecil cepat belajar bahasa. Ada yang anaknya dileskan privat bahasa Korea dengan gurunya di rumah (tentunya perlu ada dana tambahan untuk ini).

Bagaimana sekolah anak tingkat SMP? Apakah harus bahasa Korea?
Sekolah negeri di Korea s.d. tingkat SMU semuanya dalam bahasa Korea, di mana anak anda akan lebih sulit belajar cepat bahasa Korea dibandingkan anak-anak yang lebih kecil (TK/SD). Untuk sekolah internasional (yg dalam bahasa Inggris) biayanya sangat mahal, di atas 10 juta won per tahun. Salah satu solusi yang sudah pernah dicoba (terutama yg masih SD atau SMP) adalah dengan mendatangkan guru privat bahasa Korea di rumah dengan intensif (kalau bisa setiap hari) selama beberapa bulan pertama si anak bersekolah.


Actions

Information

23 responses

28 06 2007
rahayu

Ass. wr.wb.
Mohon informasi beasiswa Dankook University…berapa besarnya, dan biaya hidup di sana mahal atau tidak, terus suasana kotanya sama atau tidak dengan seoul. Terima kasih

1 07 2007
eddy

ass.wr.wb.

terima kasih atas infonya, Pak. adapun saya ingin bertanya : berapa besar beasiswa di kongju university ya ?

18 07 2007
renaldy

Mohon informasi beasiswa di dongguk university…. berapa besarnya dan biaya hidup di seoul kira2 berapa won per bulan……. trus di korea thu bisa kerja part time ngga???
makasi sbelumnya…
komawoyo…

19 07 2007
perpika

– besarnya beasiswa bisa ditanyakan ke program / universitas ybs.
– biaya hidup kira2 sudah kami sebut di atas.
– kerja parttime bisa. tergantung izin dari professor dan kemampuan bahasa korea.

29 10 2007
vita

saya lulusan SMU tahun 2005 ingin melanjutkan S1 ke korea. budget yang saya punya sekarang 20 juta. tolong diinformasikan kira2 di universitas mana yang biayanya sedikit lebih murah dgn jurusan business administration. kalo bisa dengan 20 juta sadh bisa bayar uang semester plus paling ga, biaya hidup 3 bulan pertama disana.thx

21 11 2007
putri amalia

hai aku putri dari purwokerto tapi kuliah di wonosobo. Aku juga lagi nyari beasiswa di dankook.untuk RAHAYU,apa kamu dah dapet informasinya?boleh gak aku tahu.tolong kirimi aku mail tentang itu ya.atau hub aku di 085643768904.kamsahamnida.

19 12 2007
Anggi

Halo, namaku anggi. Aku dr salatiga. Sebentar lg aku lulus s1. Aku tertarik belajar bhs korea di seoul. Kira2 tmptnya dimana ya. Trs biayanya brp? Biasanya ada yg menyediakan beasiswa ga tuh? Klo iya bgmn cara mendapatkannya? Terima kasih. Maaf kalo byk tny

15 01 2008
oline

Halo saya oline..sebentar lagi saya lulus smp.. saya mau smanya d korea..
Kalo sma ato universitas di seoul bgzny d mana?
Byar uang sekolah ma uang masuknya berapa?
truz bayar visa mahal ga yah?
Trus di korea biaya hidupnya mahal yah..
Bisa kerja parttime?
Kalo jadi skolah di korea enaknya tinggal di mana?
Kalo jadi akhir taon ini mau ke sana gara” pembukaan gereja di sana..
Tempat belanja yang murah di mana yah?

22 02 2008
Arum Cahya Intani

halo,nama saya arum,saya ingin bertanya,bahasa apa yang lazim digunakan di dunia perkuliahan di korea?apa bahasa korea sendiri atau bahasa inggris.please jawab ya,kak coz q pengin banget kuliah di korea

8 04 2008
Soesman

Halo semua saya memerlukan informasi tentang sung kyun kwan university khususnya graduate school of governance, sekaligus informasi/cp mahasiswa yang sedang study e-government untuk bisa dimintai informasi lebih detail. Trmks

18 07 2008
bonny

hello,
saya ada rencana kuliah S2 di seoul, pertanyaan saya uang 900.000 won/ bln, kira kira kalo di Indonesia hidupnya seperti apa ? apakah sama dengan orang yg berpenghasilan <3jt/bln dengan uang kos perbulan 1jt, kendaraan naik motor, masih sama apa lebih yah ? (kira2)

apakah mudah bagi mahasiswa asing untuk memperoleh pekerjaan “kasar” , contohnya ??

apakah pemerintah korea selatan juga membuka kesempatan bagi mahasiswa asing untuk mudah memperoleh pekerjaan tsb ??

brp siyh upah minimum regional di korsel/ bulan ( atau perjam) ??

sekian, terima kasih sebelumnya atas sharenya.

salam,

7 09 2008
zami

Berapa biaya hidup di Korea dan bagaimana kehidupan di Korea ya, Soalnya saya rencana akan berkunjung ke Korea dalam rangka Kerjasama. Terima kasih

7 09 2008
zami

Berapa biaya hidup di Korea dan bagaimana kehidupan di Korea ya, Soalnya saya rencana akan berkunjung ke Korea dalam rangka Kerjasama. Bagi temen 2 yang ada di korea selamat berpuasa. http://www.binainsani-solo.com.
Terima kasih

30 12 2009
Dwi Rani Karina Sari

saya Rani..mau bertanya ttg beasiswa ewha womans university…
dimana saya bisa mendapat infonya?
universitas mana saja yang menyediakan social science?
khusunya jurnalistik…
trimaksih…

31 12 2009
Dwi Rani Karina Sari

kakak yang ada di korea..
bolehkah saya mengetahui email Kak Lisa Angelia..
saya berminat untuk masuk Ewha Womans University…
mungkin Kak Lisa bisa ngasi informasi buat saya…
jika berkenan tolong di kirim ke k_reen444@yahoo.co.id
terimakasih…

10 01 2010
Aristi Audri Triani

Saya aristi..
Thun 2010 ini saya lulus sma..Saya berniat ngelanjutin kuliah ke korsel,khususnya d seoul..
Saya sdh liat beasiswa pmerintah utk kuliah k korsel utk thun 2010,tp saya krg ngerti gmna cra nulis essai,apa kk smw bs memberi tau saya gmana cra.x?
Trus,d korsel,univ yg bgus teknik kimia.x,nyediakan asrama,dan ada beasiswa.x univ apa aj ya sonbaenim?
Saya bener” pngen kuliah ksana,tlg bntu ya sonbae smw..
Kamsahamnida..^^

12 02 2010
suci

saya mau bertanya .
rencananya saya ingin mengambil S2 di korea.
tepatnya di dongguk univ.
kira2 brpa biaya untuk melanjutkan kesana.
mohon infonya .
karena saya cari di web tidak tertera biayanya.
terima kasih sebelumnya ..🙂

25 03 2010
dian

saya dian
saya mau bertanya,
berapa uang pembangaunan kl kuliah di dongguk university?
ada gak jurusan keperawatanya?
di dongguk university ada jurusan apa saja?
saya baru lulus D3 keperawatan dan pingin ngelanjutin s1nya di dongguk uviv bisa gak?

10 05 2010
Ahadi Yuliasmono

Saya, Ahadi.
Saat ini saya sedang apply scholarship ke Korsel. Dari penjelasan di atas, saya jadi ragu dan ingin membatalkan saja. Maksud saya, dr beasiswa itu ingin saya sisihkan untuk back up keluarga di rumah. Nilai tukar won ke rupiah jg kecil banget. Ada saran ? Tks.

4 09 2010
svty

apakah susah mendapatkan beasiswa tuk k korea..???

apa saja jurusan atw fakultas d korea yg paling bergengsi…???

5 01 2012
Siwi

Anyeong hasimnika, jeuneon siwi yeyo, mianhai, na ingin tanya bagaimana cara untun dapat beasiswa di korsel?dan langkah2nya, gumaweo

16 06 2014
riyantoj

Buat yang nyari warung dan restoran masakan indonesia di korea selatan bisa cek disini
http://alaindonesia.net/loc/sout-korea/

16 02 2015
arifah

assalamuqalaikum . saya arifah , saya mahasiswa semester 6 di univ sby , yg ingin melanjutkan kuliah di korea . kampus sya sudah bekerja sama dengan CUD ( Catholic university of daegu ) . apakah ada kakak – kakak yg sedang melanjutkan sekolah di sana ? saya hanya mau bertanya tanya tentang CUD dan biasiswa ?
terimakasih ….

Leave a Reply

