Dependant Visa (untuk Pasangan/Keluarga)

12 03 2007

Anda sudah menikah dan hendak membawa pasangan/keluarga pergi bersama ke Korea? Bagaimana cara mengurus visa untuk pasangan/keluarga di Kedubes Korea di Jakarta?

Persiapkan surat-surat seperti yg tersebut dibawah ini (semua dokumen yang tidak dalam bahasa Inggris harus dilengkapi terjemahannya, dan dibubuhi cap institusi yang bersangkutan):

– paspor
– foto berwarna ukuran paspor
– formulir aplikasi bisa didapat di Kedubes Korea atau download di sini
– surat keterangan beasiswa (scholarship, ada keterangan berapa jumlah uang yang diterima per bulan / per tahun)
– surat keterangan mahasiswa (studentship, menerangkan Anda mahasiswa universitas mana)
– surat undangan dari professor
– surat nikah
– kartu identitas Korea (bagi pasangannya yg berdomisili di Korea)

Bawa dokumen-dokumen di atas ke Kedubes Korea di Jakarta. Visa bisa diproses setelah membayar biaya pengurusan sesuai yang telah ditetapkan oleh Kedubes Korea.

Jika Anda tidak berniat berangkat langsung bersama pasangan/keluarga, maka Anda dapat mengurus visa melalui kantor imigrasi di kota tempat tinggal anda di Korea, untuk membuat calling visa. Dokumen-dokumen yang diperlukan sama dengan yang tersebut di atas. Calling visa itu lalu perlu dikirim ke pasangan/keluarga anda di Indonesia, sehingga mereka dapat membuat visa di Kedubes Korea dengan menyertakan dokumen calling visa tersebut.

Untuk informasi lebih jelas kunjungi situs Imigrasi Korea. Anda juga bisa mengirimkan e-mail pertanyaan. Saran kami tidak perlu datang langsung ke kantor imigrasi dan bertanya disana (dari pengalaman kami, petugasnya malas melayani pertanyaan dalam bahasa Inggris).

sumber: Warnadi


Actions

Information

7 responses

18 04 2007
Kiki

Ass,

Sebelumnya makasih atas info rumahnya.
Saya mau tanya lagi nich sekalian minta tolong. Suami saya akan research dan dapat dana di Korea (KNUA). Insyaallah akan berangkat dengan anak-anak dan satu saudara. Sebenarnya mestinya sudah berangkat awal april,tapi di kedutaan besar Korea di Jakarta minta number of calling visa dan institusi akan menguruskan di sini katanya sepuluh hari dari hari senin minggu lalu. Sekarang sudah sepuluh hari mereka baru minta kelengkapan surat nikah, kk. Dan kk saudara saya. Dia itu saudara jauh apa mereka minta silsilah keluarga….agak kesal juga sih dan kok kayaknya bertele-tele. Tolong dong gimana caranya…??
Makasih banyak ya…..

9 06 2012
Jeniffer

Selamat malam bu Kiki,
Sebetulnya sy nulis ini bkn untk jwb email bu kiki krn sy tahu pasti sdh ada solusinya soalnya bu kiki nulis sejak th 2007.

Saya malah yg mau tanya sama ibu,krn sy agustus ini dpt beasiswa S2 ke korea dan mau bawa bayi saya dan satu saudara untuk bantu jaga bayi saya slama saya study. Menurut pengalaman bu kiki,apakah sy bisa langsung bawa mrk?atau sy harus duluan spy bs buat calling visa untuk bs panggil mrk?Bgm wkt itu ibu bawa saudara ibu u ke korea?

Terimakasih
Jeniffer

25 02 2008
rini

Saya ada rencana ke korea selatan bulan Maret mau liburan. Tapi untuk tiket come korea di beli oleh relasi warganegara Korea disana. Apakah bisa? Cara mendapatkan tiket tersebut bagaimana? Bagaimana tentang pengurusan visa, apakah relasi saya di korea bisa urus visa korea saya? sementara saya di Indonesia, beliau di Korea selatan.

14 04 2008
bambang ruhendi

assalam..wr.wb
makasih atas infonya..saya bekerja dikorea.sudah kira-kira 6 bln.saya pemegang visaE-9-2.saya tinggal didaerah pusan.dan insyaallah masatinggal saya bisa sampai 3thn.saya sudah menikah,kebetulan blm dianugerahi keturunan.dan saya berniat untuk bisa membawa iastri saya kesini,kalo engga istri saya bisa menyusul kesini.dan ini apakah bisa?bagaimana cara pembuatan visanya?dan minta tolong dibantu,dan apakah saya bisa menghubungi perwakilan PERPIKA yg berada didaerah saya?…sekian,terimakasih.

2 06 2008
irwan nurbianto

maaf saya ikut mengajukan pertanyaan.

bulan agustus 2008 saya ingin berangkat ke korea dan mengikuti pacar saya yang berwarga negara perancis,dia bekerja dengan gaji yg cukup lumayan.apakah saya bisa mendapatkan pasport dan visa untuk masa tinggal selama 6 bulan atau satu tahun?kebetulan dia juga di daerah pusan.
untuk info yang di berikan saya ucapkan terima kasih.kalau bisa bagaimana cara mendapatkannya.

3 07 2008
anugrahkusuma.com » Asuransi Kesehatan di Korea

[…] membawa istri/suami, pada saat mereka mendaftar asuransi ini, perlu surat nikah. Mengapa? Karena dependant visa kodenya bukan D-2, melainkan F-3. Jika pasangan mendaftar sendiri, maka akan dikenakan biaya tanpa […]

30 07 2008
nike pringadi

asalamualikum.wr.wb
suami saya sdh bekerja hampir 6 thn dia berdomisili di Gyeong-Buk sekarang saya beserta ke 2 anak saya berencana ingin menyusul ke korea. Apakah bisa dan bagaimana cara mengurus visanya, apakah bisa kalau saya ikut rombongan tour tetapi saya tidak ikut pulang lg ke indonesia. Saya mohon bantuan atas informasinya. Terimakasih

Leave a Reply

