Menggendong Anak Ala Korea

22 12 2006

(artikel spesial hari ibu)
Oleh: Husni Teja Sukmana

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggendong anak. Untuk kita-kita yang tinggal di Indonesia, menggunakan kain adalah cara yang paling banyak dilakukan. Kain panjang dililit dileher, sedangkan anak diletakkan di depan badan si penggendong. Posisi anak biasanya berhadap-hadapan dengan ibu atau siapapun penggendongnya, selain itu posisi bisa berubah sedikit miring untuk memberikan kemudahan anak untuk bisa tidur sambil terus meminum susu botol.

Lain ladang lain belalang, memang agak sepele tema ini, tapi juga menarik. Siapa tahu ada yang mau mempraktekkan ala bangsa Korea dalam cara menggendong anak. Dalam hal gendong-menggendong, ibu-ibu di Korea biasanya menggendong anaknya dengan cara menggamblok (mendukung). Anak didukung dari belakang badan dengan posisi menghadap pundak ibunya. Kebanyakan menggunakan alat bantu dari kain yang memiliki sabuk-sabuk (seperti sabuk karate). Sabuk tersebut digunakan sebagai tali untuk mengikat ke dua bagian bahu dan juga pinggang si “ajumma” (dalam bahasa Korea berarti wanita yang sudah menikah). Gampangnya, silakan bayangkan kalo kita lagi menggendong tas ransel.

Tidak semua orang Korea menggunakan alat seperti itu, ada juga yang sudah menggunakan semacam kursi yang diletakkan di belakang punggung dan memiliki sabuk pengaman, sehingga si anak dapat duduk dengan tenang di kursi tersebut. Akan tetapi karena alat tersebut lebih berat, jarang orang menggunakannya.

Kalau anak sudah diletakkan di dalam “ransel”, maka tamatlah sudah keinginan anak untuk bisa bebas bergerak. Hal ini sebabkan karena kaki dan tangan anak tersebut sudah terikat kuat oleh sabuk yang diikatkan pada kedua bahu dan pinggang si ajumma. Jadi hampir seluruh tubuh anak tersebut kecuali leher ke atas praktis sudah tertanam dalam kain dan sabuk tersebut.

Yang menarik adalah kalau kita memperhatikan ketidaknyamanan bagi anak saat digendong ala Korea tersebut. Selain tidak bisa bebas bergerak, juga posisi tidur bisa dipastikan tidak nyaman. Karena posisi leher tidak ada penyangga di belakangnya (kalo di Indonesia sudah bisa dipastikan leher anak dibagian belakang pasti disangga dengan kain atau tangan ibunya). Juga dengan posisi kaki yang memeluk dan terikat dalam waktu lama, bisa menyebabkan kaki bertipe “O”.

Tetapi ketidaknyamanan untuk anak mungkin berarti kenyamanan untuk si ajumma. Dengan posisi anak yang berada di belakang, seperti tas ransel, kita bisa dengan bebas beraktifitas dengan kedua tangan dan kaki kita. Jadi ingat kalau mengejar bus, siapa peduli dengan ransel yang sudah terikat kuat? Yang penting lari mengejar bus. Bayangkan kalau ransel kita diletakkan di depan (pernah juga sih kalo di kereta di Jakarta biar tidak kecopetan), dipastikan repot untuk beraktivitas bagi ibu.

Dari dua cara itu, silakan anda pilih cara yang mana yang terbaik untuk anda. Ala Korea atau ala Indonesia, atau yang tidak suka kedua-duanya tapi ingin anaknya aman, tidur nyeyak, bisa menggunakan babysitter. Dijamin tidak repot deh🙂

Subway Cheonan menuju Seoul
September 15, 2006

Penulis adalah ayah dari dua anak, mahasiswa PhD di Sunmoon University, Cheonan.


Actions

Information

5 responses

9 01 2007
marin

kalau gendong anak ala korea siih menurutku takut anaknya kejedut .. kita gak tau lagi..🙂
masih lebih percaya cara Indonesia lah…

31 01 2007
elyas

wah ibu saya juga begitu cara menggendong bayi…tapi ibu saya menggunakan selendang biasa saja (yang biasa digunakan ibu2 indonesia umumnya)..entah nyaman atau tidak tapi saya lihat keponakan yang biasa di gendong ibu saya nyaman2 saja dan justru cepat tidur….

eh kalau ada beasiswa ke KOREA kasih tau ya,…..maunya bidang film dan sastra atau manajemen

21 06 2008
syarif

oke juga.

18 09 2008
DILEN

g… q cm penggila berat korea-japan sekarang lagi kursus kedua bahasa tersebut gimana ya caranya dapat beasiswa s1 ke korea atau japan sekarang aku lagi di universitas jambi jurusan fkip tolong plzzz gamsahamnida arigatou gozaimasu……….

16 01 2016
tas seminar sidoarjo

Hi there, You’ve done a great job. I’ll definitely digg it and personally recommend to my friends.

I am confident they’ll be benefited from this website.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: