Tempat Tinggal Pelajar di Korea

28 03 2007

Asrama Kampus
Pada umumnya, universitas-universitas di Korea Selatan menyediakan asrama bagi para mahasiswanya. Rata-rata hampir semua mahasiswa tertampung di dalam asrama kampus. Biaya asrama kampus biasanya sangat murah dibandingkan tinggal di luar kampus, yaitu berkisar antara 70 s.d. 300ribu won tergantung jenis kampusnya (biasanya kampus negeri lebih murah daripada kampus swasta terkenal). Dengan rata-rata sekitar 100 s.d. 200ribu won dan kamar yang cukup besar walaupun kadang harus berbagi dengan 1  s.d. 5 orang lain, maka lebih murah dibandingkan tinggal di “tempat kost” di luar kampus. Biasanya untuk mahasiswa graduate (S2/S3) jenis asramanya rata2 hanya 2 orang per kamar, sedangkan mahasiswa S1 bisa 4 orang dalam satu kamar.

Kamar-kamar dalam asrama biasanya sudah berisi tempat tidur, meja belajar, dan lemari baju. Fasilitasnya bisa kamar mandi di dalam atau di luar, dan tidak semua asrama mempunyai dapur umum (kebanyakan hanya ruang makan dengan dispenser air minum dan oven microwave). Ruang cuci baju biasanya disediakan dengan isi beberapa mesin cuci dan ada juga mesin pengering baju. Mesin cucinya ada yang gratis, ada yang harus bayar dengan koin sekali pencucian. Ada asrama yang menyediakan 1 kulkas kecil untuk tiap kamar, ada yang tidak. TV biasanya dipasang di ruang duduk untuk umum.

Tidak banyak kampus yang menyediakan asrama untuk mahasiswa yang berkeluarga. Sepengetahuan kami, baru SNU (Seoul National University) dan KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) yang menyediakannya. Kebetulan mereka adalah kampus-kampus milik pemerintah (negeri). Bagi yang ingin membawa keluarga, disarankan untuk mempersiapkan diri untuk tinggal di luar kampus.

Kost “Gosiwon”
Gosiwon artinya “tempat untuk yang mau ujian”, asalnya dibuat bagi para pelajar yang ingin “mengasingkan diri” berkonsentrasi untuk menghadapi suatu ujian/tes. Oleh karena itu, biasanya gosiwon terdiri dari single room (1 kamar utk 1 orang) tapi sempit sekali pas 1 orang saja (sekitar 2 x 2,5 m) dan kamar mandi di luar, dengan biaya sekitar 150 s.d. 280ribu won per bulan. Biasanya dapat nasi dan kimchi gratis, dan ada dapur berisi kompor, microwave dan kulkas untuk umum, juga ada mesin cuci umum. Fasilitas ini persis dengan asrama kampus pada umumnya, tetapi di kampus biasanya tidak ada sistem nasi dan kimchi gratis. Selain itu, selain tempat tidur dan meja belajar, banyak juga gosiwon yang menyediakan kulkas mini dan TV kecil di dalam setiap kamar. Ada gosiwon yang cukup luas kamarnya dan punya kamar mandi di dalam. Biayanya cukup mahal yaitu sekitar 300 s.d. 500ribu won per bulan.

Kost “Hasukjib”
Hasukjib artinya “boarding house” atau “rumah kost” sehingga fasilitasnya mirip rumah-rumah kost di Indonesia, yaitu rumah besar dengan kamar-kamar yang tidak sempit seperti gosiwon. Biasanya kamar mandi di luar dan dapat makan 2 kali sehari. Tarifnya sekitar sekitar 350-500ribu won per bulan. Fasilitas isi kamar, mesin cuci dan tempat masak juga mirip gosiwon. Tetapi, biasanya pemilik hasukjib tidak mengijinkan penghuninya memasak sendiri, dan mewajibkan semua penghuni ikut makan di situ, supaya tidak sulit mengatur distribusi makanan dan mudah menjaga kebersihan dapur.

Kontrak Rumah (“apateu” – apartment)
Untuk kontrak rumah 1 kamar tidur (oneroom), sewa bulanannya bisa 150ribu won saja, tapi depositnya (uang yg dipegang oleh si pemilik rumah dan lalu dikembalikan lagi di akhir kontrak) bisa besar sekali s.d. 5juta won. Kontrak rumah biasanya minimal 1 tahun. Yang membedakan kontrak rumah dengan asrama dan tempat kost di atas adalah sistem depositnya (asrama dan tempat kost biasanya tidak butuh deposit). Biasanya rumah-rumah jenis ini berisi 1 kamar dan 1 kamar mandi, dengan saluran gas (rata-rata sudah menyediakan kompor gas). Oleh karena itu, perlengkapan rumah tangga harus dilengkapi sendiri (bisa beli bekas supaya harganya rendah). Ada juga pemilik rumah yang menyediakan mesin cuci dan kulkas, sehingga penghuni tidak perlu  membeli alat elektronik yang paling dibutuhkan tersebut.

Rumah 2 kamar tidur (tworoom) biasanya harganya masih terjangkau jenis beasiswa tertentu. Jika beasiswa berkisar 1 juta won ke atas, maka rumah tworoom bisa dijadikan pilihan oleh yang sudah punya anak. Dengan deposit 3 s.d. 7juta won, biaya bulanan bisa sekitar 250ribu won. Biaya 250ribu won bisa juga terjadi pada rumah oneroom jika depositnya kecil (1 s.d. 3juta won).

About these ads

Actions

Information

45 responses

11 04 2007
Rizki Asiah Lubis

Ass.Wr.Wb

Mohon Informasinya dong tentang tempat tinggal yang 2 kamar tidur (tworoom) dengan biaya 250ribu won (deposit 3 s.d 7juta won itu informasinya di daerah mana ya….Sekedar informasi saat ini saya sedang cari rumah karena insyaallah,kalau tidak ada halangan suami dan anak saya akan ke Korea.
Mohon informasinya,terima kasih

28 05 2007
Ron Soesman

Buat temen2, sodara yg sudah bernasib baik kuliah di Korea ada bbrp pertanyaan nih siapa sj boleh jwb? sy tunggu dgn senang hati
Sy lagi persiapn untuk ambil Master di Kyung Hee univ ambil Development Cooperation, dgn beasiswa dr KOICA, oya sy PNS jd prosedur nya aga ribet u/ dpt beasiswa trsb. Mohon kasi info apakah dgn allowance 35.000 won per hari bisa cukup u/ biaya hidup+dormitory? adakah sekretariat perpika di kyunghee univ? trmksh atas jwbnnya

Salam
Soesman

28 05 2007
Merry

Mohon info dari teman2 Perpika tentang tempat akomodasi yang murah di Jeju untuk sepekan. Terimakasih sebelumnya.

30 05 2007
perpika

pak ron, silakan baca artikel kami yg membahas beasiswa dan tempat tinggal. http://www.perpika.net/2007/03/28/beasiswa-keluarga-dan-tempat-tinggal/

bu merry, sudah kami proses di perpika untuk tempat cari akomodasi murah. semoga ada warga perpika yg mau ke sana juga.

18 06 2007
ryanda

hi gw tertarik nih kuliah di korea
tapi mahalan gak ya
bisa kasih tau ngak berapa kira2 biaya hidup kita selama di korea (minimal)
cukup gak kalo cm 5 jutaan sebulan?

11 07 2007
Esti

Saya mendapat beasiswa parsial dari Kongju National University di Gongju city, menurut info yang didapat saya harus menyiapkan biaya hidup sebanyak 700 USD satu semester, apakah jumlah tersbut cukup atau saya perlu membawa lebih dari itu. Sangat ditunggu infonya. Terima kasih banyak

12 07 2007
pita

dear esti,
Mungkin esti harus tanya dulu ke kampus itu ttg dormitory, makan dll, coz kalo tanpa dorm dan makan uang 700 USD mungkin ga cukup kali yah, atau kalo cukup juga paaaas bgt. Kebetulan aku di seoul, dapet dorm dan makan sebagian ditanggung kampus. Itu aja aku masih keluar uang kira-2 200-300USD sebulan. Memang biaya hidup di seoul lebih tinggi dibanding kota-2 lain di korea, tapi kupikir ya ga beda jauhlah. Jadi menurutku di jelasin dulu ke kampusnya fasilitas-2 apa yang akan didapet biar nti bisa siap-2 bawa uang berapa dan ga keabisan uang disininya. Lagian dapet besis kok disuruh bawa uang untuk persiapan SATU SEMESTER sih, biasanya paling-2 buat hidup sebulan sampe waktu besisnya keluar…(*curious aja*)

14 07 2007
Andy W

Dear Pita,
Saya Andy, saya mau tanya kalau Anyang City kan deket dari Seoul saya baru tinggal disini 1 mingguan tapi sampai sekarang sulit sekali menemukan org2 yg dari indonesia…apa bisa bantu??? juga saya mau tanya biasanya dimanaya tempat kumpul2nya org2 Indonesia di Seoul. karena kabarnya ada warung makan khas Indo tapi banyak yg kagak tahu tempatnya. Sebagai Informasi saya bukan pelajar tapi saya sedang menjajaki kerjasama untuk usaha saya dan rekan2 yang akan invest di Jakarta. terimakasih….

25 07 2007
S. Vanesia

Saya ingin bertanya pd sdr2 yg berada di Korea. Apakah kualitas Kyungsung University memadai utk dijadikan tpt menuntut ilmu? Lalu, apakah sdr tahu apa saja plus yg dimiliki universitas yang letaknya di Busan tersebut? Kemudian, dari segi kota… apakah Busan merupakan tempat yg nyaman utk tinggal? Dan… Kyungsung itu universitas swasta atau pemerintah? Saya sgt tertarik sekali utk bisa menuntut ilmu di Korea dan apkh kendala yg sdr hadapi selama menetap di Korea? Terus terang, saya tdk menguasai bahasa Korea, apkh jika kuliah disana hrs menguasai terlebih dahulu bahasa Korea?
Maaf jika pertanyaan saya terlampau banyak, terima kasih kalau sdr berkenan menjwb pertanyaan saya.

15 09 2007
iwan

saya dah lulus sma 7 tahun yang lalu. bisakah saya kuliah di korea, kyung hee university, oriental medicine, dan adakah beasiswa penuhnya? bisakah, with my humbly, mencarikan infonya ke kyung hee?

11 01 2008
Rita Ismai

Salam Kenal
Nama saya Rita Ismail dari Depkes, dan akan kuliah di EWHA Womas university 1 februari.Akhir januari saya diharuskan tiba di Seoul sedangkan asrama hanya disediakan sejak tanggal 1 februari. Adakah yang dapat membantu saya untuk mendapatkan tempat tinggal sementara dan persiapn apa saja yang harus saya lakukan karena ini adalah pertama kali saya ke Korea. Terima Kasih Rita Ismail :)

16 01 2008
Nova

Nama saya Nova dari Bogor, saya ingin banget kuliah di Korea (bahasa), gimana caranya, tolong infonya donk, thx

20 03 2008
wuri

annyeong haseyo..
Kalau dapat beasiswa 800ribu won sebulan kira2 bisa gak untuk hidup buat dua orang di korea..
Mohon pencerahannya.. Trimakasih

12 05 2008
miTha

saya mau banget kuliah di korea tp gimana caranya??
trus biaya hidup & klo blm tau bahasa korea ato inggris apa ada caranya y????
PLEASE,,,,,,

23 05 2008
urip

saya urip, sekarang saya bekerja di korea. yang sayaingin tanyaan kepada rekan – rekan :
1. sebagai pekerja apakah saya bisa membawa istri saya tinggal bersama di korea? dalam hal ini apakah pemerintah korea mengeluarkan visa bagi istri ang suaminya tigga di korea?
mohon inormasinya.
2. apakah mungkin bagi saya megikuti program besiswa yang ada di korea dengan kondisi saya sekarang?
3.apakah mungkin bagi saya kuliah dengan biaya sendiri dengan kondisi saya sekarang?
mohon petunjuk dan informasinya.
sebelumnya saya ucapan banyak terima kasih.

24 05 2008
rico

saya mau tanya,,saya kan mendapatkan beasiswa dari palang merah korea bwat kulyah di Hanseo Univ di daerah chungnam,…kira2 biaya hidup sehari2 berapa ya….biaya makan sehari2?
terima kasih..ditunggu jawabannya…….

25 05 2008
vira

Hai… saya vira.saya telah diterima untuk s-2 di Kyung Hee Univrsity jurusan tek, Industri di SUWON. saya ingin tanya unuk cari kost-an (housing) di daerah suwon yang murah dimana ya? berapa harganya (untuk 2 orang). kalau bisa yang lengkap dengan fasilitas LAN nya.
Untuk bulan agustus.
Makasi yaaaa

25 07 2008
Istiqlal Rifa

hai salam kenal saya rifa dari bandung sekarang saya smstr 5 di pts yg ada di bdg saya pingin banget sekolah dikorea tapi lewat beasiswa penuh soalnya saya berminat sekali untuk kuliah disana tolong dong informasinya ke email saya siapa saja !!!!!!!!!!!!!!!

4 08 2008
deddy

Salam utk semua rekan2 THEPERPIKA,

Saya minto tolong informasinya untuk tempat kos/asrama/apartment yang murah kalau bisa nggak perlu deposit di daerah Paichai University (Daejeon). Sebab saya ingin untuk membawa istri bareng ke Korea, rencananya tanggal 26 bulan ini. Kalau bisa yang sekitar 250 – 300 ribu won per bulan. Terima kasih untuk bantuannya, tolong langsung ke email saya saja.

9 08 2008
yuli

salam kenal…
saya ada rencana mo lanjutin S2 di korsel…mohon infonya: kampus yang ada jurusan bisnis internasional atau hubungan internasional bwt S2…n bahasa pengantarnya bahasa inggris ada ga? klo bisa info biaya kul n hidup yang ideal bwt di sana yup…tx bgt yup….
kamsahamnida

17 10 2008
Richo

saya mahsiswa UGM rencana exchange program ke Kyung Hee Suwon, saya ingin tahu tentang kualitas dan rating Kyung Hee??? mohon bantuannya

15 11 2008
Lita

Hai, namaku Lita. rencananya setelah lulus kul S1, aku pengen S2 di korsel. rencananya sih ambil Jurusan PR & Adv. pilihanku sih di 2 sekolah kalo gak di Soongsil Univ atw di Chonnam Univ. aku pengen tau kualitas sekolah dsana dan apa bhs pengantarnya bhs Inggris? krn aku gak dapet info soal itu. juga aku berencana pengen ajukan beasiswa dsana.. kira2 sebaiknya aku pilih yg mana ya? mohon bantuannya gmn spy bisa berhasil dapet beasiswa, juga kira2 hidup yg sederhana aja dsana butuh brp biaya? please help me. thx

23 11 2008
A L D I

numpang tanya.. ada member yang ngambil program bahasa di Yonsei Korean language institute ga ? Kebetulan rencana mau ngambil programnya juga.. kalo ada yang bisa ngasi tau info pendaftarannya.. mohon info nya.. hubungin ke email juga boleh.. Makasih banyak :)

4 12 2008
iryandi

saya mau kuliah s1 ke korea, kira-kira biaya hidup sebulan di chungnam abis berapa?

23 12 2008
ida

aku pingin ngambil korean language program do Geumgang University di Chungnam, ada yang tahu infonya ga? Trus kalo part time di korea buat orang indo kayak kita ini biasanya apa ya? pendapatan perbulan kira2 berapa? soalnya kalo ikut language program kan jadwalnya ga terlalu penuh. bis dari universitynya cuma ngasih 200rb won perbulan.

13 07 2009
Anita kurniawati

asklm..Saya ingin sekali kuliah di Korea,lulus SMU 6 tahun yang lalu.Dan selama 5 tahun terakhir bekerja di Production house/entertainment(film) sebagai assistant sutradara.Please info tentang beasiswa kuliah/short course mengenai perfilman.Dan cuma lulusan SMU,tetapi punya beberapa show real tentang beberapa film yang pernah dibuat.Info please…thanx b4

19 10 2009
pevy

gimana cara’y kuliah di korea, aku masih kls 3 sma, pingin bgt kuliah di sana, ada rekomendasi universitas yg gk terlalu mahal tapi bgs gk ?
mkasih ..

2 02 2010
Puspita

saya ingin mengambil kuliah seni peran di ‘Seoul Art University’ kira2 bisa dibantu info tentang kuliah tsb ga? sama di universitas tsb ada asramanya? brpa kira2 biaya asrama? saya ingin kesana tanpa beasiswa, karena itu kira2 butuh livecost brpa perbulan? dan apakah nilai won naik turun? brpa nilai won dlm rupiah skrg? terimakasih.

13 03 2010
uci p.s

hayy.mau nanay.
aku bru mau kuliah dikore.kira2 kmpus bgus dsn dimn ya??dan gi mn sih hdup dsn??di seoulnya.
mksiih infonya.

4 04 2010
yoo

saya ingin melanjutkn perguruan tinggi di Seoul tanpa beasiswa. tapi saya kurang tau mengenai biaya-biaya yang diperlukan. dan lagi saya gak punya keluarga di sana. kira-kira, berapa biaya yang diperlukan kalau saya pengennya gak tinggal di asrama? mohon penjelasannya, trima kasih… :)

21 05 2010
Juliet

Hi, saya tertarik untuk coba apply beasiswa Geumgang University. Kalau ada yang pernah ambil program tersebut bisa tolong dishare pengalamannya?
Thanks

6 06 2010
sitta

sama seperti Juliet….
saya juga berminat untuk apply di Geumgang University

please share kalo ada yang punya info :)

14 06 2010
indriani

saya indri.. tahun ini lulus dari program S1 jurusan teknik informatika. pengen tahu gmana caranya mendapatkan beasiswa S2 di korea serta informasi tentang beasiswa S2 di korea. Jadi mohon bantuan nya….

4 07 2010
Niniek

trm ksh sblmnya,ada gak foto2 asrama di sana??mohon bantuannya

17 12 2010
ciciey

annyeong
bleh nanya gha,maksudnya deposit yg hrus dikasi terlebih dahulu
maksudnya gimana sey???

23 02 2011
david

hi salam buat member perpita.saya mau tanya bagaimana cara dapatkan beasiswa s1 di korea?apakah bisa kuliah sambil kerja?kalau kerja biasanya di bagian apa jika tidak punya working permit?thank

7 10 2011
izza

Hai..PERPITA
Saya mau tanya dong…tahun depan saya berencana pengen ikut kursus bahasa korea selama kurang lebih lebih 3 bulan di sogang university……Saya mau tanya, kalo untuk biaya hidup dan kebutuhan sehari2…..kira2 berapa ya perbulannya…?coz saya harus mempersiapkan semuanya karna biaya sendiri.kalo 4 juta perbulan cukup ga untuk sewa tempat tinggal dan kebutuhan sehari hari? kalau masak sendiri…biaya perbulannya kira kira bisa jadi 3 jutaan ga ya perbulan? dan kalo ada info sewa gosiwon murah di seoul mohon dikabari dong…..makasih

7 02 2012
adina

hay..
bagi informasi donk gi mana caranya bisah ke korea??
tahun ini aku ingin ke sna tapi takut ndak ada warga indonesia yang aku kenal, tolong dong yang udah di korea bagi infonya cra ke sna dan siapa bisah aku tempati untuk sementra di sna ..
thank you

6 01 2013
natasha

Hi kakak.. Aku mau tanya seputar korea karna aku baru mau sekolah di sana.. Aku lgi nyari sih minatnya kyunhee sama dankook.. Susah gak ya? Aku mau pr kak.. Kira2 di univ mana ya yg ada jurusan pr? Butuh bgt nih please :) bisa add kakao aku ilvmusic tolong ya kakak yg baik hati haha

25 02 2013
ismailmz

Dear kak…
mohon pencerahan ttg kwanwoon university kak..
saya di terima utk master by research dari profesor di kwanwoon
dia bisa provide tuition fee appx. $10.000/ tahun dan living cost 600.000 won/bulan… sepertinya saya merasa kesulitan dan kebingungan sendiri utk mencari informasi besaran biaya hidup per bulannya berapa utk single life di korea selatan, seoul. Mohon informasinya y kak…

boleh reply di sini atau langsung ke email jg lebih membantu kak :D (ismail.mz90@gmail.com)

Thanks in advance

5 03 2013
ismailmz

Sepertinya komen saya di atas salah. salah pertanyaan -_-“,,,
padahal artikel di atas sudah dijelaskan sejelas mungkin…Terimakasih infonya kak…

Mohon info student indonesia yg di kwangwoon University aja deh kak.. :)

24 04 2013
ina

hay, kak ak mw nnyk dong. kira2 univ mna di korea yang menyediakan jurusan analisis penyakit. ??
mohon bantuannya, blsnya bisa lewat email di krisnadesak@gmail.com mkasi seblumnya ^^

21 03 2014
MeE..L.FSJ

hay, kak aku mw nanya apa masih tersedia beasiswa di inha university ,,, pliss jawab ya kak ?

7 06 2014
wardi

salam kenal
saya wardi dan bulan september ini akan research di cbnu selama 9 bulan.
mohon informasi untuk tempat tinggal di sekitar chungbuk dari teman-teman perpika. Terimakasih

11 06 2014
Nenni Anggraeni

Kak, saya mau tanya. Kyeong gi university itu di seoul atau daerah? Saya tahun ini lulus S1 dan berminat lanjut k Kyeong gi University. Untuk departemen olahraga ada S2 tidak? Atau beasiswa full? Terimakasih sebelumnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: