Sistem Ventilasi dan Pendinginan Udara untuk Sistem Kereta Bawah Tanah

20 09 2006

Oleh: Agus S. Pamitran

Indonesia memang belum memiliki sistem transportasi massa kereta bawah tanah (subway), namun mulai mengasah pengetahuan kita tentang hal-hal yang terkait dengan sistem transportasi massa ini ada baiknya, yaitu untuk membuka sebanyak mungkin alternatif sistem transportasi massa yang tepat untuk kota-kota di Indonesia. Salah satu hal penting untuk sistem kereta bawah tanah adalah sistem ventilasi dan pendinginan udaranya, karena suhu udara di lorong kereta bawah tanah bisa meningkat hingga sekitar 8-11°C di atas suhu lingkungannya (New York City Transit Authority) bila tidak dilengkapi dengan sistem ventilasi dan pendinginan udara. Tentu hal tersebut bisa menjadi masalah besar bagi kenyamanan penumpang, terlebih untuk kota-kota di Indonesia yang suhu dan kelembaban udaranya relatif cukup tinggi.

Sistem ventilasi dan pendinginan udara untuk system kereta bawah tanah berbeda dengan sistem ventilasi dan pendinginan udara untuk ruangan seperti perkantoran. Berdasarkan karakteristik beban-beban panasnya, maka kondisi rancangan untuk sistem kereta bawah tanah adalah 28°C suhu udara bola kering, 70% kelembaban relatif, dan 0.15 m/s kecepatan udara. Sistem ventilasi dan pendinginan untuk sistem kereta bawah tanah dibagi menjadi dua bagian, yaitu ventilasi dan pendinginan udara untuk lorong bawah tanah dan untuk di dalam gerbong kereta. Beban-beban panas (heat) yang perlu diperhitungkan untuk sistem ventilasi dan pendinginan udara pada lorong adalah panas dari gerbong, panas dari sistem penerangan lorong, sistem pengereman kereta, sistem ventilasi lorong, dan pertukaran panas (konduksi) terhadap dinding lorong. Sedangkan beban-beban panas untuk di dalam gerbong kereta adalah panas laten dari penumpang, panas dari sistem penerangan gerbong, sistem pengereman kereta, sistem ventilasi gerbong, dan pertukaran panas (konduksi) terhadap dinding/atap/lantai/kaca gerbong. Gambar 1 dan 2 di bawah ini mengilustrasikan beban-beban panas yang harus diperhitungkan dalam sistem ventilasi dan pendinginan udara untuk sistem kereta bawah tanah.


Gambar 1 Model beban panas di dalam lorong kereta bawah tanah


Gambar 2 Model beban panas di dalam gerbong kereta bawah tanah

Metode pendinginan udara untuk sistem kereta bawah tanah, baik untuk lorong maupun gerbongnya, umumnya menggunakan sistem pendistribusian udara dingin dari satu sistem refrigerasi terpusat. Udara yang telah didinginkan, melalui pertukaran kalor dengan fluida dingin dari sistem refrigerasi, didistribusikan melalui saluran-saluran udara (ducting) ke lokasi-lokasi sesuai perancangan. Selain metode tersebut, pendinginan untuk lorong kereta bisa juga dengan memanfaatkan pertukaran panas dengan air tanah (groundwater) yang suhunya sekitar 12°C. Meskipun unjuk kerja (COP) dari sistem dengan air tanah lebih rendah daripada sistem refrigerasi, namun sistem air tanah bisa menekan biaya operasi yang sangat besar. Air bekas pendinginan ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti untuk air toilet untuk gedung-gedung perkantoran, untuk penyiraman taman-taman kota, atau untuk keperluan-keperluan industri.

Suatu managemen energi yang terintegrasi untuk sistem ventilasi dan pendinginan udara pada sistem kereta bawah tanah dapat diupayakan dengan mengoptimalkan hal-hal yang terkait dengan sumber-sumber beban panas dan perangkat-perangkatnya.

  • Yang terkait dengan energi kinetik.
    • Optimasi pembatasan kecepatan kereta dan jumlah gerbong untuk pengurangan beban panas akibat pengereman. Perhitungan optimasinya dengan mempertimbangan tingkat kepadatan penumpang pada jam-jam tertentu perlu dilakukan.
    • Penyediaan gerbong yang ringan untuk mengurangi gaya gesek dengan rel sehingga dapat mengurangi beban panas yang muncul.
    • Mengkonversi energi panas dari pengereman dan energi mekanik dari flywheel menjadi energi-energi yang bisa dimanfaatkan secara langsung untuk sistem kereta bawah tanah.
  • Yang terkait dengan sistem penerangan pada gerbong dan lorong kereta.
    • Sistem penerangan pada gerbong bisa menyumbang beban panas sekitar 26% dari total panas pada gerbong (Ampofo et al., Applied Thermal Eng., 2004). Perancangan dan penggunaan sistem penerangan yang optimum tentu memiliki peluang besar untuk menekan beban panas yang signifikan.
    • Sistem penerangan pada lorong walaupun hanya menyumbang sekitar 2% dari total beban panas pada lorong, upaya optimasinya juga perlu diupayakan.
  • Peningkatan efek pendinginan pada perangkat-perangkat pendinginan yang sudah ada.
    • Peningkatan kapasitas ventilasi (m³/s) dapat meningkatkan efek pendinginan.
    • Penggunaan heat pipe sebagai heat sink dapat dipikirkan untuk menunjang optimasi sistem.

Penulis adalah mahasiswa S3 Refrigerasi di Chonnam National University, Yeosu Campus, Korea Selatan
Email: pamitran@hotmail.com

About these ads

Actions

Information

39 responses

5 10 2006
gd arimbawa

hallo, saya juga seorang mhs teknik refrigrasi dan tata udara di bdg. saya cukup tertarik dengan sistem yang ada di web bapak. klo boleh saya minta beberapa literatur tentang sistem refrigerasi dan tata udara yang ada di sana. thank’s before.

9 10 2006
agus pamitran

Kawan Arimbawa, terimakasih atas commentnya. Perlu saya beritahukan sebelumnya, bahwa website ini bukan website pribadi, tapi website Perpika (Persatuan Pelajar Indonesia di Korea). Alhamdulillah bila Perpika bisa memberi manfaat, apalagi untuk untuk kawan mahasiswa di Indonesia. Memang ini menjadi salah satu cita2 Perpika, yaitu memberi manfaat (edukatif) kepada masyarakat.
Tentang permintaan literatur, di Korea cukup banyak, namun hampir semuanya dalam bahasa Korea. Saran saya, untuk terus menggali pengetahuan di bidang ini, kawan Arimbawa bisa akses publikasi2 (jurnal, bulletin, majalah) dari IIR (International Institute of Refrigeration) dan dari ASHRAE. Mudah2an itu bisa diakses gratis dari kampus kawan Arimbawa.
Itu dulu dari saya, semoga bermanfaat. Salam untuk kawan2 mahasiswa di Bandung.

15 11 2006
Prass

hallo, saya mahasiswa teknik refrigerasi dan tata udara bandung, saya cukup tertarik dengan website bapak tentang pengkondisian kereta bawah tanah, kalau bisa saya minta referensi serta data-data mengenai pengkondisian bawah tanah. thank’s before

28 11 2006
perpika

jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan email penulis langsung di email yg tercantum di atas.

30 11 2006
REVA

SAYA PUNYA PR. TLG DONK CARIKAN MANFAAT & KERUGIAN DARI GAYA GESEK.SEKARANG PENTING!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

30 11 2006
REVA

CARIIN SEKARANG JUGA AKU TUNGGU PENTIIIIING BANGET!!!!!!!!!!!!!!!!BALES DONK!

13 12 2006
1dh_4

hi saya mahasiswi kesehatan lingkungan poltekkes makassar,tolong dong artikel yang bersangkutan dengan sistem ventilasi coz tugasq berkaitan dng penyehatan udara.thanks SU ToMo (See You To Morrow)

15 02 2007
hendra

Ada yang bisa tolong saya memberikan informasi tentang perhitungan design untuk sistem ducting dan plumbing

21 03 2007
agus pamitran

Hi rekan Hendra,
Untuk perhitungan ducting and plumbing for HVACR a.l. bisa dipelajari dari SMACNA, atau dari Carrier Handbook (recommended).
Ada jg buku ttg plumbing berbahasa Indonesia, tapi ini lebih dominant untuk civil engineering, bagus jg untuk dipelajari bila berminat.
Silahkan email saya di pamitran@hotmail.com bila masih ada yg ingin didiskusikan.

3 05 2007
abdy riyadi

Assalamualikum
trima ksih atas informasi yang menarik ini
saya juga mahasiswa yang sedang mendalami ilmu refrigrasi dan tata udara yang bertempat di fakultas pendidikan teknologi kejuruan universitas pendidikan indonesia
kami disini merupakan mahasiswa yang sedang berusaha dan berupaya untuk mengembangkan teknik sistem refrigrasi dan tata udara untuk kemejuan dunia dalam menghadapi panas yang semakin meninggi
maka kamiakan mencoba dengan berbagai upaya untuk dapat mendinginkan dunia walupun hanya untuk sedikit saja, [namun adengan sedikit tersebut akan menjadi berkembang yang lebih banyak] oleh sebab itu kami mohon literatur untuk lebih menambah pengetahuan kami. sudilah kiranya bapak memberikan beberapa data untuk literatur tentang pembahasan dalam web bapak
atas bantuan yan tel;ah bapak berikan saya ucapkan trima kasih

wassalamualikum
god bless you

3 05 2007
19 05 2007
aep

Ass. Pa Agus saya seorang lulusan teknik pendingin dan tata udara di bandung… saya senang dengan penelitian-penelitian yg berhubungan dengan temperatur… tapi saya sulit untuk bergabung dengan orang-orang yang konsent dengan ini…. pa agus bisa beri komentar dengan ini….
ini alamat email saya..ujang_aep@telkom.net

2 06 2007
Toni_S_setiawan

ASS.
terkejut juga sih. masalahnya masih nga memeungkinkan untuk memebuat kereta bawah tanah selain keadaan tanah kita yang kurang bagus juga tata kota yang nga mungkin untuk membuat subway. alhamdulillah ada masalah itu yamg menjadikan saya tau… Kapan kita punya sepeti itu yaaaaaaaaaa.,( o ).

saya boleh tanya pa’ agus:
berapa biasanya kedalamandari bawah tanah keatas luar yang ada cerobong / ventilasi.

5 09 2007
Race

mas Abdy,,kalo pengen mendalami ilmu tentang Refrigerasi dan Tata Udara,,maen ke POLBan donk..disini banyak ahli-ahli di bidang yang anda geluti…COZ disini sarang anak-anak REFRIGERASI dan AC

3 10 2007
sokib

saya guru pendingin di gresik. tolong dikirimi modul2 pendingin dan tata udara untuk ngajar siswa saya khususnya yang sudah diterjemahkan ke bahasa kita. perawatan perbaikan ventilasi udara, kelistrikan ref dan ac, melakukan pekerjaan secara aman

22 10 2007
ade

ass,pak agus saya sangat tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan teknik refrigerasi dan tata udara.kalau boleh tahu standardpemasangan ducting seperti apa.mohon di balas karena kami ingin sekali membandingkannya dengana apa yang telah kami dapatkan di kampus teorinya.Terima kasih sebelumnya

11 12 2007
Agus Surono

Asslm,Pak Agus say sangat tertarik dengan sistem ventilasi pada kereta api bawah tanah.
Pak, tolong kirim kriteria sistem ventilasi yang baik.
misalny pada bengkel-bengkel pemesinan, atau sistem ventilasi yang baik pada industri.Wsslm.

14 12 2007
AWANG

WAH BOLEH JUGA TUH ILMUNYA…. TP MAS INI POSISI SKRG DMANA YA…. LULUSAN REFRI KAH?

18 12 2007
edy

Terimakasih atas informasi yang telah di sampaikan. Saya juga selaku dosen dibidang teknik pendingin merasa tertarik untuk terus mendalami kemampuan di didang ini, klo boleh saya minta beberapa literatur tentang sistem refrigerasi dan tata udara yang ada di sana.dalam waktu dekat ini kami akan melaksanakan pelatihan tentang refrigrasi yang akan diadakan oleh KLH, saat ini saya butuh isu-isu apa yang dapat kita angkat dlm pelatihan ini dan saya juga ingin sekali bergabung dengan orang2 yang memiliki dedikasi dibidang teknik pendingin. thank’s before.

27 12 2007
Ib

saya salah satu siswa di refri di polban,saya pengen materi2 lg tentang refri,kalo bisa tambahin lagi materinya donk,,,,salam bwt semua yang menggeluti bidang refri

17 01 2008
randi

tolong krimkan manfaat dan kerugian energi

17 01 2008
randi

penting………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

31 01 2008
tanty nuraeni

maaf saya tanty dari teknik energi bndung. saya kurang mengerti dari sisi panasnya apakah laten or sensible mksh

20 02 2008
ri

boleh tak tolong sya cri sistem tertutup

16 03 2008
Gita

Hallo, Pak!
Saya, Gita mahasiswa jur. Teknik Pendingin dan Tata Udara semester 4 di Poltek Negeri Bali. Saya tertarik tentang artikel yang Bapak muat. Terima kasih infonya. Kalau Boleh….saya minta referensi tentang bidang ini….Umm….Banyak hal yang ingin saya tanyakan pada Bapak….Kapan-kapan….melanconglah ke Bali…. C U

31 03 2008
upik

hallo….
saya upik mahasiswa universitas tadulako palu.saya butuh keterangan tentang refrigran pendingin….
skarang saya butuh….
tolong ya….

3 04 2008
ryan

bagai mana caranya apabila terjadi trabel kelistrikan dalam kereta ini

3 04 2008
ryan

bisa gak anda kirimkan rangkaian-rangkaian gabunan listrik dan elektronika dalam pengontrolan motor-motor listrik 3~ dan motor listrik 1~

1 05 2008
Rezki

salam kenal,..

saya mahasiswa teknik refrigerasi dan tata udra di bandung,…
terima kasih telah membagi ilmunya bagi rekan-rekan mahasiswa yang ingin lebih mendalami ilmu refrigeasi dan tata udara ,…

20 05 2008
suga

slam kanal,..

saya pkerja di bidang ini, sdah 5 thun dari brbagai mcem refrigeration system saya jumpai n plajari, tetapi krena kbnxakan input kdng2 overload!! pda dasarnxa prinsip kerja refrigeration system sma ttpi cntrol n krakteristiknxa yg berbeda…,

thx’s mr. agus dah ksih info terbaru meski sya terlmbt tau, hehe…

6 07 2008
Muh.teguh Saputra H.R

saya teguh dari smk negri 5 makassar jurusan teknik pendingin & tata udara…….Terima kasih tentang infonya.saya minta penjelasan tentang Refrigerant

6 07 2008
Muh.teguh Saputra H.R

Tentang refrigerant baru(R 410 a) dari PANASONIC untuk menghindarkan Rusaknya Lapisan ozon di langit.ok! Mohon perhatiannya!

13 08 2008
refripolban

haloo, boleh minta sepenggal kalimat artikel ini ya cocok buat blog saya thanx , link tetep kok hehe seeep

15 03 2009
yoga

ass. saya yoga siswa STM Pembangunan, saya lagi cari ide untuk membuat suatu alat untuk lomba karya ilmiah remaja di sekolah saya, tapi saya bingung nich, mungkin bapak bisa menolong saya…

thanx..

krm za ke e-mail saya…

odank_piero@yahoo.co.id

2 04 2009
agoes

ass, saya mahasiswa teknik mesin,sedang menganalisa pengereman kereta api dan preoses pengereman kereta api listrik.
klo ada gambar proses dan artikel tentang kanpas rem kereta api,terima kasihh

10 08 2009
Rizal Agustin

aswb.
sblumnya trimakasih . krna adanya web ni bisa menambahkan tugas presentasi saya . saya siswa teknik pendingin dan tata udara d bandung (smkn1cimahi)
. kl bisa , saya minta tlong .
punya data tentang sistem tata udara atau refrigerasi pada alat transportasi ga ?
kl punya saya harap bisa berbagi …
saya btuh wiring diagram, klebihan dan kekurangan, gambar/ftonya .
… untuk tugas akhir …
mhon d bantu .

email saya : ijaldijuld@yahoo.com

4 11 2009
renz

bagi literatur tentang subway dunk

28 09 2010
sujadi

likuuum…
saya seorang mhs pendingin di bdg. lagi cari – cari judul buat tugas akhir. minta referensi buat tugas akhir aku. pa agus bisa bantuin nggak…

1 01 2011
LEO

pa,saya mahasiswa teknik mesin Polban dari bandung lagi ngebuat tentang kereta api bawah tanah,klo subway…bisa diciptakan di kondisi tanah yang seperti gmna?terus bagaimana caranya untuk menekan biaya semaximal mungkin untuk pembuatan kereta bawah tanah karena setahu saya biaya untuk membuat subway 7x lipat dari pembuatan kereta biasa…mohon bantuan dan refrensinya ya…bilang ingin menjawabnya tolong emailkan jawabnya ke hop_kinz@yahoo.com
makasih pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: